Wahana Honda

Jangan Dibiarin, Ini Pertanda Motormu Harus Segera Diservis

Publikasi: 1 bulan 4 hari 15 jam 17 menit yang lalu

Memiliki kendaraan di jaman sekarang adalah sesuatu yang sangat memudahkan. Selain bisa memangkas biaya transportasi, mobilitas kita sendiri akan lebih tinggi sehingga banyak peluang yang bisa kita manfaatkan. Alhasil melonjaknya angka penjualan kendaraan roda dua menjadi jawaban akan kebutuhan tersebut.

Sayangnya gak semua pemilik sepeda motor paham akan kebutuhan dari kendaraannya. Motor yang juga butuh “me time” untuk diservis akhirnya terabaikan. Padahal kalau aja mereka tau betapa pentingnya buat servis motor secara rutin, pasti mereka gak akan ngelewatin jadwal servisnya walau cuma sehari. Karena biaya untuk servis rutin akan jauh lebih murah ketimbang motor mereka turun mesin.

Buat kamu yang belum tau, sebenarnya motor kamu tuh udah ngasih kode – kode pertanda mereka udah minta diservis bro. Mungkin kamunya aja yang gak peka. Dibawah ini ada 7 pertanda motormu harus segera diservis. Apa aja tanda – tandanya? 

1. Susah nyala di pagi hari

Ketika motormu susah dinyalakan di pagi hari padahal kick starter udah kamu genjot sekuat tenaga, choke juga udah kamu tarik, mungkin saja motormu udah waktunya untuk diservis. 

Jangan beranggapan motor yang susah nyala di pagi hari itu kedinginan. Motor yang susah nyala di pagi hari adalah tanda kalau ada yang salah diantara karburator, setelan klep dan busi motormu. 

2. Motor gak mau stasioner

Motor yang normal tentu gak akan mati ketika gasnya dilepas. Kecuali kamu anak racing yang modifikasi motornya ngawur, motor yang gak stasioner akan sangat menjengkelkan bagi pengendaranya. Buruan bawa motormu ke bengkel terdekat.

3. Suaranya berisik? Pertanda buruk tuh bro!

Namanya juga mesin, pasti akan ada aus karena pemakaian rutin dari motormu. Kondisi ini harus segera mendapat perawatan. Dan ketika mesin sudah mengeluarkan bunyi yang aneh, kamu harus segera mencari tau dimana asal bunyi tersebut. Karena penyebabnya bisa berbagai macam. Busi yang aus, timing chain, atau mungkin dari oli yang udah kelewat lama gak kamu ganti. 

4. Berat di tarikan awal, ganti gear juga ga lancar

Tarikan awal dari motor yang perlu diservis biasanya akan sangat berat. Gigi 1 dari motormu gak akan se-nendang dulu ketika masih sehat. Baru ketika gear 3 dan 4 si motor akan melaju dengan lebih enteng. Namun yang jelas kecepatan maksimum gak akan mungkin tercapai dengan motor yang gak sehat seperti ini. 

5. Motor bergetar tanda tak sehat

Setelan karburator bisa saja berubah seiring motor rutin kamu gunakan. Karenanya bisa jadi karena gas yang kelewat besar akhirnya body motor  menjadi bergetar. Kalau kamu tau cara setting karburator sendiri, hal ini gak akan jadi masalah besar. Tapi buat yang gak bisa, ya buruan bawa ke bengkel buat disetelin.

6. Keluar asap, sampai pengendara di belakangmu batuk – batuk

Knalpot motormu adalah media pembuangan sisa pembakaran. Jika ada asap yang keluar dari knalpotmu, kamu patut waspada. Asap hitam biasanya dikarenakan penyetelan karburator yang kurang sempurna. Sedangkan jika asap putih yang muncul, berarti ada oli yang ikut terbakar. Biasanya asap putih muncul ketika ada masalah di piston.

7. Kilometer sudah melewati batas servis

Setiap pemilik kendaraan roda dua dianjurkan untuk melakukan servis rutin setiap 2000 kilometer. Jadi ketika  motormu sudah hampir mencapai kelipatan 2000 km, sudah sewajarnya jika kamu menganggarkan untuk melakukan servis. Yang jelas, lakukan servis di bengkel resmi yang ada di daerahmu. Bukannya ngelarang kamu buat servis di bengkel – bengkel lain sih, hanya saja untuk kelengkapan sparepart orisinil hanya bisa kamu dapatkan di bengkel resmi. 

Label : Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor Perawatan Motor Cari Aman Tips Merawat Motor

Comment

Your comment
Load More