Jangan Sampai Kejadian, Ini Efek Jika Motor 2 Tak Kehabisan Oli Samping

Publikasi: 2 tahun 1 bulan 13 hari 8 jam 20 menit yang lalu

Walaupun era motor 2 tak sudah lama usai, tapi penggemarnya tuh gak kunjung hilang. Malah semakin kesini, penggemarnya malah semakin banyak. Bisa kita liat di beberapa club motor yang banyak beredar di jalanan. Club motor RX King masih sering kita temui di jalanan, bahkan Komunitas motor 2 tak paling besar, yaitu CB, sering banget ngadain jambore di kota – kota besar. Hal ini menunjukkan bahwa animo rakyat Indonesia akan motor 2 tak masih tetap besar dan tak tertandingi oleh negara – negara lain.

Tapi namanya juga motor tua bro, perawatannya juga gak gampang. Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh penggunanya. Salah satunya yaitu penggunaan oli samping. Beberapa kali saya melihat pengendara motor 2 tak yang kehabisan oli samping. 

Kebanyakan yang saya tau ya mereka yang kelihatan ga begitu care sama motornya sih. Tapi ada orang – orang seperti ini yang menyepelekan keberadaan oli samping di motor mereka. Padahal jika mereka tau, efek dari kehabisan oli samping ini horor banget loh. Mau tau apa aja efek jika motor 2 tak kehabisan oli samping? Yuk check it out!

1.Piston bisa macet

Yang pertama ditakutkan adalah piston mesin bisa macet bro, lebih parahnya lagi bisa kekunci karena terlampau keringnya oli sampingmu. Bisa jadi kamu rugi banyak jika hal ini terejadi, dan beberapa diantaranya yaitu kamu akan mengalami kerusakan yang berkesinambungan. Seperti di poin poin selanjutnya ini.

2. Silinder juga bisa baret

Silindernya pun bisa baret, karena tidak ada pelumasan di dalamnya. Wah, bayangin aja kalau silindernya udah baret, bisa jadi part – part lainnya juga bisa kena imbasnya bro. Aduh, pengen tepok jidat deh ini. 

3. Laher bambu aus

Bisa kamu cek jika kekeringan oli samping ini benar – benar terjadi, laher bambu ini bisa ikutan aus juga, akhirnya malah nambah – nambahin biaya kerusakan. Tapi ini belum usai brader, masih ada satu part lagi yang kemungkinan bisa ikutan rusak.

4. Stang piston ikut bengkok

Stang piston, karena pistonnya terkunci dan stang piston terus pengen ngepush, akhirnya dia bengkok juga deh. 

Nah beberapa diatas ini adalah efek jika oli sampingmu abis brader. Tapi jika kamu sudah menemui gejala – gejalanya, ada baiknya kamu ambil beberapa langkah pencegahan biar kamunya gak tekor – tekor amat untuk benerin motormu. 

1. Langkah pertama yaitu mencari bengkel terdekat dengan lokasimu sekarang. 

Sebelum olimu benar – benar kering, buruan matiin motormu dan segera cari bengkel yang paling dekat denganmu. Kalau misalnya tidak ada bengkel sama sekali, kamu bisa ambil alternatif kedua. Sedikit beresiko sih, tapi gak ada salahnya untuk di coba. 

2. Gunakan minyak goreng untuk alternatif oli samping sementara.

Seperti yang saya katakan, ini hanya untuk sementara. Yang penting motormu gak rusak. Yang penting motormu gak macet di jalan. Buruan cari warung, beli minyak goreng, dan isikan ke tabung oli sampingmu. Jangan dituang semua gaes, sayang minyaknya kan bisa dipakai goreng tahu tempe di rumah. 

Setelah itu kamu bisa cek, bagaimana perkembangannya di motor kamu. Karena hal ini bersifat sementara, kamu harus buru – buru cari bengkel yang sepertinya lokasinya agak jauh dari lokasimu sekarang. Yang penting kamu gak boleh panik, tetap tenang dan jangan kebut – kebutan. Jaga temperatur mesin supaya gak kelewat panas. Ketika kamu sampai di bengkel, buruan cek keadaan motormu. Semoga aja masih dalam kondisi yang prima. 

Label : Cari Aman

Comment

User Comment

Your comment

Load More