Langkah Praktis & Murah Untuk Mengitamkan Ban

Publikasi: 1 tahun 30 hari 9 jam 10 menit yang lalu

Menghitamkan ban motor,bisa dilakukan dengan berbagai cara.  Ada cara mahal, ada acara murah. Jika dana di dompet terbatas, boleh juga upayakan beberapa cara tradisional  yang bisa membuat  warna ban motor menjadi lebih hitam dan kinclong. 

Beberapa bahan  di bawah ini bisa kamu peroleh langsung dari dalam rumah. Mau tahu? Simak deh:

Teh Kotak 

Boleh percaya boleh tidak, teh manis dalam kemasan bisa juga dimanfaatkan untuk menghitamkan  ban. Caranya tuangkan teh ke dalam wadah, kemudian gunakan kuas untuk menyemir sampai rata. Hasilnya memang tidak terlalu jadi hitam, namun setidaknya bisa menjadikan ban mengilap atau wet look. 

Cara ini bisa dimanfaatkan dalam posisi kepepet dan ingin ikut kontes modifikasi, tapi lupa bawa semir. Lebih efektif lagi, sebelum dikuas dengan teh manis, ban tetap wajib dalam kondisi kering dan bersih. 

Minyak Goreng

Ini juga termasuk solusi praktis dan murah. Sebaikya memanfaatkan minyak bekas yang telah dipakai menggoreng. Untuk penggunaannya, dapat dioleskan ke permukaan ban memakai spons atau lap kering. Lebih efektif lagi, kalau minyak goreng yang dipakai dicampurkan dengan shampo dan air. 

Tapi perlu diingat, ketika melapisi minyak tidak boleh sampai ke bagian atas atau permukaan ban yang bersentuhan langsung dengan aspal. Karena permukaan ban akan licin dan  bukan mustahil kamu tergelincir ketika berkendara.

Minuman Bersoda 

Boleh juga sesekali manfaatkan minuman bersoda. Cara penggunaannya sangat ringkas, oleskan minuman bersoda pada permukaan ban.

Dipastikan cara ini bisa efektif untuk menghitamkan dan mengilapkan ban motor. Namun,motor yang bannya dilapisi soda, jangan langsung digunakan. Biarkan kering terlebih dulu agar proses penghitamannya menjaid maksimal.

BakingSoda

Ini alternatif  paling sering dipakai karena murah dan ringkas. Campur soda kue dengan air sampai berbentuk pasta. Selanjutnya, oleskannya pada permukaan ban dan tunggu sampai kering.

Ketika pasta dari baking soda sudah mengering, bersihkan dengan menggunakan air biasa. Setelah itu, ban mu akan terlihat kinclong.

Pasta Gigi

Pasta gigi memang sering disebut multiguna, dapat dipakai untuk membersihkan berbagai kotoran. 

Dalam upaya menghitamkan ban,  oleskan pada permukaan ban secara menyeluruh,  kemudian bersihkan ban dengan lap kering.

Silikon Cair

Selain semir ban, silicon cair bisa dipilih. Pemakaian bahan silikon cair menampilkan kesan warna hitam yang lebih bagus dan tahan lebih lama.

Untuk penggunaannya, campurkan silikon cair dengan terpentin. Perbandingan komposisi 70  untuk silikon cair dan 30 untuk terpentin.  Dan ketika menyemir, pastikan ban sudah dicuci bersih dan dikeringkan.

Nah, jika sudah tahu langkah-langkah membuat band jadi glowing, jangan lupa  untuk  selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin  di bengkel AHASS terdekat , agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan  pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service. 

Tips Merawat Motor Tips Motor Honda Ban Motor #hondacare Menghitamkan Ban Motor

Berita Terkait