Perlengkapan Penting Ketika Berkendara Jarak Jauh

Publikasi: 3 tahun 9 bulan 11 hari 22 jam 19 menit yang lalu

Berkendara menggunakan sepeda motor merupakan hal yang menyenangkan. Terutama bagi Anda yang terbiasa touring bersama rombongan untuk mengunjungi suatu tempat. Namun, touring ini biasanya menempuh jarak yang jauh sehingga perlu bagi Anda untuk mengetahui apa saja perlengkapan penting ketika berkendara jarak jauh.

Perlengkapan ini harus dimiliki dan digunakan ketika touring. Karena dapat melindungi Anda dari cuaca dan cedera ketika terjadi kecelakaan. Tentunya tidak ada orang yang menginginkan hal tersebut terjadi tetapi lebih baik berjaga-jaga untuk menghadapi berbagai keadaan. Berikut beberapa perlengkapan yang penting digunakan untuk berkendara jarak jauh tersebut:

1. Helm Dengan Standar SNI

Perlengkapan penting ketika berkendara yang paling utama adalah helm berstandar SNI. Hal ini merupakan aturan utama yang dianjurkan pemerintah dan hukumnya wajib. Setidaknya helm yang dipakai menutupi sebagian besar atau seluruh wajah. Fungsinya adalah untuk melindungi bagian kepala dari cedera ketika terjadi kecelakaan. Karena sebagian besar korban meninggal karena kecelakaan disebabkan cedera pada bagian kepala.

2. Jaket dan Pelindung

Perlengkapan berikutnya yang harus digunakan adalah jaket tebal serta pelindung. Pelindung yang dipakai minimalnya adalah pelindung siku dengan bantalan yang tebal. Fungsinya untuk melindungi siku ketika terjatuh karena bagian ini rentan cedera ketika terjadi kecelakaan.

3. Sarung Tangan

Perlengkapan penting ketika berkendara selanjutnya adalah sarung tangan. Perlengkapan ini bergantung kepada pilihan masing-masing. Anda bisa memilih yang menutup seluruh bagian tangan atau sebagian saja. Fungsinya untuk menjaga kondisi tangan dan melindunginya dari terik matahari.

4. Pelindung Lutut dan Celana Riding

Perlengkapan selanjutnya adalah celana khusus riding yang dilengkapi dengan bantalan di beberapa bagian tertentu serta pelindung lutut. Fungsi keduanya adalah untuk mengurangi kemungkinan cedera ketika terjadi kecelakaan selama touring.

5. Sepatu

Perlengkapan penting ketika berkendara yang terakhir adalah sepatu. Sepatu tidak hanya berfungsi melindungi kaki dari sinar matahari serta cedera tapi juga membuat kaki Anda tetap nyaman ketika berkendara. Oleh karena itu, pastikan memakai sepatu dengan bahan yang nyaman dan sesuai dengan kaki Anda. Jika memungkinkan gunakan sepatu khusus untuk riding. 

Itulah beberapa perlengkapan penting ketika berkendara untuk jarak jauh yang perlu Anda ketahui. Semua perlengkapan tersebut sama pentingnya dan tidak boleh ditinggalkan. Karena fungsi utamanya adalah melindungi diri Anda dari cedera ketika terjadi kecelakaan di jalan raya.

Touring Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda

Berita Terkait