Tips Melakukan Pengereman Saat Musim Hujan

Publikasi: 1 bulan 14 hari 43 menit yang lalu

Indonesia saat ini sudah memasuki musim penghujan. Beberapa daerah pun bahkan sudah sempat mengalami banjir. Salah satu pihak yang dirugikan adalah para pengendara motor. Selain karena genangan air banjir dapat menyebabkan motor mogok hingga mesin mati total. Hujan dan banjir yang terjadi juga sering menjadi salah satu faktor meningkatnya kasus kecelakaan lalu lintas.

Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya kesadaran para pemilik kendaraan terhadap motor yang mereka kendarai. Selain itu, cara berkendara yang kurang tepat pun juga bisa menjadi faktor meningkatnya angka laka lantas di jalan. Termasuk dalam penggunaan rem saat mengendarai motor di tengah hujan.

Banyak yang tidak tahu bahwa saat hujan atau ketika melewati jalanan yang basah dan licin. Terdapat beberapa teknik pengereman yang perlu Anda lakukan agar tidak jatuh terpeleset atau tergelincir. Apa saja teknik tersebut? Bagaimana cara melakukannya? Berikut Wahana Honda berikan tips melakukan pengereman saat mengendarai motor di musim hujan.

Tips Melakukan Pengereman Motor Saat Musim Hujan

1. Gunakan 4 jari 

Dengan menggunakan ke-empat jari kanan untuk melakukan pengereman ban depan, Anda bisa lebih maksimal dalam menghentikan laju kendaraan. Terlebih ketika melewati jalanan yang licin, jika rem motor tidak bekerja secara maksimal risiko seperti terpeleset bisa terjadi pada Anda. Maka dari itu, teknik pengereman yang satu ini perlu Anda ketahui agar terhindar dari risiko buruk tersebut.

2. Lepaskan gas motor

Jika Anda ingin menghentikan kendaraan di tengah hujan atau jalanan yang basah dan licin. Maka perlu juga untuk melepaskan handle gas motor. Tujuannya agar kendaraan Anda dapat berhenti lebih cepat. Karena tentu saja percuma jika Anda melakukan pengereman namun tetap menarik gas motor. Jika demikian, proses pengereman pun tidak akan terjadi secara optimal.

3. Pegang stang motor dengan erat dan kuat

Saat berkendara motor di tengah hujan, Anda juga harus memegang stang kendaraan dengan kuat. Hal ini untuk mengantisipasi misal ban motor Anda mengalami selip di tengah jalan, sehingga Anda pun masih bisa refleks dan menopang motor tersebut dengan kaki dan tubuh Anda.

4. Kurangi kecepatan secara bertahap

Untuk menghindari terjadinya ban selip, Anda juga bisa melakukan pengereman secara bertahap. Tentunya dengan memperhatikan kondisi jalanan yang dilewati, ya. Jika jalanan sedang sepi, Anda tentu lebih leluasa untuk melakukan pengereman bertahap ini. Namun jika jalanan padat, ramai bahkan hingga macet, Anda bisa menurunkan kecepatan dan berkendara dengan lebih pelan.

5. Hindari menggunakan rem belakang

Penggunaan rem belakang pada saat cuaca tengah hujan justru akan membahayakan keselamatan Anda. Ini dikarenakan risiko terjadinya sliding jauh lebih besar. Akibatnya, saat melewati tikungan, Anda bisa saja jatuh dan tergelincir.

Nah, demikianlah artikel mengenai tips melakukan pengereman motor saat di musim hujan. Dengan memperhatikan beberapa hal penting di atas, Anda bisa berkendara jauh lebih aman. Ingat untuk tetap dan selalu memprioritaskan keselamatan Anda berkendara di atas segalanya, ya. Karena keluarga sudah menunggu kedatangan Anda di rumah.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Wanda Tips Saat Hujan Wahanahonda #WahanaHonda Kampas Rem

Comment

User Comment

Your comment

Load More