Perkenalkan Safety Riding Kepada Anak Sejak Dini

Publikasi: 9 hari 17 jam 55 menit yang lalu

Seorang anak memiliki daya serap yang sangat baik untuk hal – hal baru. Mereka terbiasa belajar sesuatu dengan memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi. Dengan menggunakan rasa penasaran yang mereka miliki tentunya ada baiknya jika kita juga mengenalkan keselamatan berkendara kepada anak sedini mungkin. Pada usia anak kecil, kita jarang memakaikan perlengkapan keselamatan pada saat anak – anak bermain sepeda, khususnya di Indonesia. Padahal dengan memperkenalkan peralatan ini, anak menjadi lebih aware terhadap keselamatan berkendara sepeda motor disaat mereka beranjak dewasa nantinya. 

Nah, kenapa kamu harus mengenalkan keselamatan berkendara sejak dini pada anak? Apakah efektif mengenalkan safety riding pada anak? Kita akan membahas lebih lanjut mengenai hal ini pada artikel kita kali ini, jadi perhatikan baik – baik ya bro!

Kebiasaan Bersepeda Mempengaruhi Kebiasaan Berkendara Sepeda Motor

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) yang merupakan salah satu Lembaga yang bekerja di bidang keamanan jalan raya yang ada di Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut terdapat satu kebiasaan yang mirip saat kamu bersepeda dan disaat kamu berkendara dengan menggunakan mobil dan juga kendaraan roda dua. 

Jika kebiasaan kamu berkendara dengan sepeda sudah menerapkan prinsip – prinsip keselamatan berkendara maka otomatis kamu juga akan menerapkan kebiasaan aman tersebut pada kendaraan lain seperti sepeda motor dan juga kendaraan mobil. Inilah kenapa pentingnya kita mengenalkan keamanan berkendara pada anak – anak yang sedang senang senang bersepeda.

Jadi inilah beberapa kebiasaan aman berkendara yang harus coba dikenalkan oleh anak – anak:

Basics Bicycle handling Skills: Merupakan teknik yang baik untuk mengendarai sepeda seperti balancing, pedalling, steering, breaking.

Physical Safety Skill: Mengetahui rambu tanda lalu lintas, langkah mengambil jalur di jalan, menggunakan tanda saat akan berbelok, mematuhi peraturan dan rambu yang ada (tanda berhenti, dan tanda rambu lainnya).

Dengan mengajarkan pengetahuan sedini mungkin anak – anak menjadi akan lebih mengetahui pengetahuan ini lebih cepat sehingga kedepannya bisa menjadi sebuah kebiasaan yang terbentuk dari muda. 

Anak Bisa Menjadi Lebih Paham Faktor Penyebab Kecelakaan 

Untuk mengurangi tingkat kecelakaan paling baik adalah dengan mengetahui faktor yang menyebabkan kecelakaan. Istilahnya adalah kita mencegah terjadinya kecelakaan, karena tindakan pencegahan lebih baik. Dengan mengetahui faktor terjadinya kecelakaan tentunya kita akan mengurangi hal – hal yang memiliki resiko besar terhadap faktor kecelakaan. 

Nah berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kecelakaan:

• Tidak mematuhi rambu dan tanda lalu lintas. 

• Tidak waspada dengan keadaan sekitarnya. 

• Kebiasaan buruk yang dilakukan di jalan raya seperti tidak memberikan sinyal saat ingin berbelok, atau ceroboh dalam memilih jalur kendaraan. 

Pemahaman ini baiknya diberikan sejak dini pada anak – anak sehingga bisa membentuk sebuah kebiasaan yang bisa menjadikan para anak mengutamakan keselamatan. Selain itu anak juga perlu mengetahui beberapa peralatan yang bisa mengurangi dampak dari kecelakaan. Sebagai contoh selalu memakai perlengkapan bersepeda dengan lengkap, helm, dan body protector jika memang perlu. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh NHTSA, kecelakaan yang melibatkan sepeda, dan kendaraan roda dua, selalu memiliki tingkat cedera fatal di daerah kepala, dengan adanya helm ini tentunya bisa mengurangi sedikit resiko tersebut.

Peran Kamu Dalam Penerapan Keselamatan Berkendara Itu Penting Bro!

Sebagai seorang pengguna jalan raya tentunya memperkenalkan keselamatan berkendara juga merupakan salah satu kewajiban moral yang harus kamu lakukan. Nah, entah itu keponakan, anak sendiri, atau anak tetanggamu, sebaiknya kamu juga mulai memperkenalkan keselamatan berkendara sejak dini kepada mereka. 

Dengan kebiasaan positif yang memang sudah terbukti memiliki hasil yang nyata akan membuat anak – anak akan paham berkendara dengan aman saat dewasa nantinya. Dengan begitu kita juga akan merasakan pengurangan angka kecelakaan yang sangat signifikan. Di luar negeri sendiri biasanya acara ini digelar setiap ajaran baru, saat siswa baru masuk sekolah. 

Bagaimana penting kan pendidikan safety riding diajarkan mulai dari umur anak – anak? Karena di umur yang masih kecil tersebut daya serap kita akan ilmu lebih besar dan pembentukan kebiasaan masih cukup mudah. Jadi mulai sekarang dibiasakan pendidikan safety riding ini di sekitar lingkungan terdekat kamu ya bro? Sebagai seorang pengguna jalan raya kamu memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan keselamatan berkendara di negara Indonesia kita tercinta ini.

Label : Motor Honda Terbaru Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More