Tips Safety Riding Saat Boncengan

Publikasi: 4 tahun 11 hari 20 jam 11 menit yang lalu

Sepeda motor merupakan yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Karenanya Anda bisa menemukan para pengendara motor yang unik, contohnya saja boncengan sampai 4 penumpang, membawa barang diluar kapasitas motor dan lainnya. Hal ini semakin sering terlihat terutama saat pulang kampung. Namun, cara ini tidaklah baik karenanya dibutuhkan tips safety riding saat boncengan bagi masyarakat Indonesia.

Tips ini dapat mencegah Anda dari kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kelebihan muatan atau beban ketika berkendara. Namun, boncengan saat dianjurkan jika hanya sampai 3 orang dengan catatan 1 di antaranya adalah anak kecil karena tidak menghalangi gerak dan kenyamanan si pengemudi. Tentunya terdapat tips lainnya yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Cek Kelengkapan Motor

Tips safety riding saat boncengan yang pertama adalah memeriksa kondisi motor Anda. Karena ketika boncengan maka beban yang dibawa oleh motor lebih berat dari biasanya. Oleh karena itu, kondisi ban, rem, persneling, oli dan lainnya harus diperhatikan dengan seksama. Karena jika terjadi kecelakaan maka yang cedera tidak hanya Anda tapi juga orang yang dibonceng. Tentunya Anda tidak mau ada orang lain yang celaka ketika berkendara bersama diri Anda.

2. Gunakan Perlengkapan Berkendara Dengan Baik

Tips safety riding saat boncengan yang kedua adalah memakai perlengkapan berkendara yang baik. Contoh perlengkapan tersebut adalah helm berstandar nasional, mengenakan sepatu, memakai jaket dan masker. Perlengkapan ini harus selalu dikenakan karena dapat melindungi diri dari angin, debu dan panas matahari.

3. Sesuaikan Dengan Kapasitas Motor Anda

Tips safety riding yang terakhir adalah menyesuaikan tumpangan dengan kapasitas motor yang ada. Anda perlu tahu jenis motor yang digunakan apakah matic, bebek atau sport. Selain itu perhatikan juga luas jok motor tersebut. Setelah mengetahui hal ini Anda dapat memperkirakan berapa banyak orang yang dapat dibonceng. 

Umumnya setiap motor dapat menampung penumpang dengan catatan salah satunya adalah anak kecil. Namun, pastikan juga kapasitas motor dengan postur dan bobot badan. Jangan sampai motor atau ban kendaraan Anda rusak karena kelebihan beban penumpang.

Nah, itulah 3 tips safety riding saat boncengan yang sangat perlu untuk diketahui dan diterapkan. Karena dengan menerapkan hal ini Anda akan selamat dari kecelakaan serta dapat menjaga kondisi motor untuk selalu prima karena terbebas dari kelebihan muatan.

Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda WahanaHonda

Berita Terkait