Pertolongan Pertama Setelah Jatuh Dari Motor

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 29 hari 16 jam 35 menit yang lalu

Setelah jatuh dari motor, perasaanmu pasti campur aduk. Malu campur sakit, apalagi lagi lagi boncengan sama gebetan. Tapi kamu jangan terlalu lama malu. Lakukan langkah pertolongan pertama ini.

Mencuci tangan, mencuci area kulit yang mengalami luka, membersihkan luka, mengoleskan krim antibiotik, dan menutup luka dengan kain kasa, merupakan hal yang harus kamu lakukan setelah jatuh dari motor. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

5 Pertolongan pertama setelah jatuh dari motor

Agar kamu dan gebetanmu ga terinfeksi setelah jatuh dari motor, segera lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Mencuci tangan:

Sebelum mengobati luka pada tubuhmu maupun orang lain, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Gunakan air mengalir dan sabun. Jadi, tangan bisa bebas dari kuman maupun bakteri penyebab infeksi.

2. Mencuci area kulit yang mengalami luka:

Area luka memang nyeri jika disentuh. Apalagi jika kamu mencucinya dengan air. Namun, langkah ini memang harus dilakukan. Lagi-lagi, gunakan air mengalir selama beberapa menit untuk mencuci luka. Agar tidak menyebabkan perdarahan berkepanjangan, jangan menekan luka terlalu dalam maupun menggosoknya.

3. Membersihkan luka:

Saat jatuh dari motor dan mengalami luka, ada risiko masuknya pasir maupun serpihan tanah ke kulit. Oleh karena itu, siapkan pinset yang sudah dibersihkan dengan alkohol maupun cairan antiseptik, untuk membersihkan partikel-partikel tersebut dari luka.

4. Mengoleskan krim antibiotik:

Ada tiga jenis krim antibiotik yang bisa kamu beli di apotek tanpa resep dokter, yaitu neosporin, bacitracin, dan polysporin. Oleskanlah krim antibiotik ini pada luka, untuk mencegah infeksi sekaligus menjaga kelembapan kulit. Selain itu, penggunaaan krim antibiotik tersebut juga mempercepat penyembuhan luka dan mencegah munculnya jaringan parut. Oleskan saja secara tipis-tipis.

5. Menutup luka dengan kain kasa:

Kamu tidak perlu menutup luka dengan kain kasa atau perban jika ukurannya kecil. Namun jika ukuran luka yang kamu alami cukup besar, maka sebaiknya kamu menutup luka tersebut dengan kain kasa. Apalagi bila kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Pemakaian kain kasa ini bisa mempercepat proses pemulihan luka. Ingat, selalu ganti kain kasa secara rutin satu hingga dua kali dalam sehari.

Apakah harus ke dokter setelah jatuh dari motor?

Luka yang kamu alami ketika jatuh dari motor, biasanya adalah luka ringan. Namun, kamu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, apabila mengalami kondisi ini setelah jatuh dari motor:

• Perdarahan berkepanjangan

• Luka tidak kunjung sembuh

• Muncul nanah maupun aroma tak sedap dari luka

• Mengalami demam lebih dari empat jam

• Ada pasir, kerikil, maupun serpihan kaca yang tertinggal di dalam luka

• Mengalami nyeri atau kesulitan bergerak

Setelah jatuh dari motor, jika memungkinkan, segera berdiri dan pindah ke lokasi yang aman. Apabila memungkinkan, mintalah bantuan dari pengguna jalan maupun pengendara lain yang ada di sekitarmu.

Referensi:

https://www.sehatq.com/artikel/jatuh-dari-motor-sebabkan-luka-ini-pertolongan-pertama-yang-dilakukan


Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Jatuh Dari Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More