Resiko Fatal Dari Ban Bocor Alus

Publikasi: 2 bulan 6 hari 9 jam 11 menit yang lalu

Penurunan tekanan udara menyebabkan ban tidak lagi memiliki kekuatan penuh, dan  pada saat itu pula ban disebut dalam posisi kempis.

Setiap pengendara punya cara berbeda dalam menghadapi kondisi tersebut. Ada yang acuh dan tetap berusaha menggunakan motor dengan kondisi ban kempis,, ada yang segera menanggulanginya? Kamu masuk tipe yang mana?

Sebaiknya sih, kamu masuk tipe yang segera menanggulangi band kempis, terlebih jika itu karena bocor halus atau alus. Soalnya, jika terus menerus dipaksakan berjalan, ban yang kempis tersebut akan memiliki dampak buruk. 

Pada tipe  ban  yang menggunakan ban dalam, ban yang dipakai saat kempis akan merusak pentil, bahkan kemungkinan terburuknya dinding ban bakal robek dan harus diganti  dengan yang baru.

Sebab pentil pada ban dalam dibuat menyatu, beda dengan pentil ban tubeless yang mengikat di pelek. 

Khusus yang masih pakai pentil tube,  sesungguhnya  tekanan angin tidak boleh kurang. Jika dipakai terus menerus bisa mengakibatkan valve di pentil copot atau malah robek dari ban dalam.

Pentil ban bisa robek karena posisi pentil tidak tegak. Sehingga, saat dipakai jalan, bagian bawah pentil yang menyambung ke ban dalam tidak sanggup menahan beban dan robek.

Pada saat tekanan udara kurang,  ban menanggung beban lebih berat. Dalam kondisi tersebut posisi pentil ikut miring dan bisa membuat pentil lepas dari ban dalam.

Di saat ketika tekanan udara ban motor terus menerus berkurang ,  sebaiknya jangan paksa  untuk lanjut mengendarai motor.  Tambah tekanan udara pada ban sesuai ketentuan yang sesuai pabrikan. Jangan lupa untuk memakai tutup pentil, karena berfungsi menjaga ban tidak mudah bocor.

Untuk merawat ban dalam posisi prima tanpa bocor alus, selalu cek dan periksa kondisi ban sebelum memulai perjalanan. Rutinkan juga berkunjung ke bengkel AHASS. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.Artinya 

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service.*

Service Motor Cari Aman Safety Riding Servis Motor #hondacare Ban Bocor Tips Ban Bocor

Berita Terkait

Ada 2 Jenis Oli Pada Motor Matic, Apa Saja?

19 Februari 2024 - administrator

Awas, Ini Dampak Jarang Ganti Oli Gardan

19 Februari 2024 - administrator