wanda

Tidak Perlu Panik, 4 Cara Ini Bisa Digunakan Untuk Mengatasi Insiden Rem Blong

Publikasi: 8 bulan 2 hari 16 jam 41 menit yang lalu

Dari sekian banyak masalah pada kendaran, rem blong bisa dibilang menjadi sesuatu hal yang menakutkan. Mangancam diri sendiri dan merusak motor menjadi salah satu alasannya. Bahkan lantaran hal tersebut nyawa orang lain juga bisa menjadi korban. Pada umumnya yang  menjadi penyebab rem blong adalah, kampas rem aus atau rem terlalu panas. 

Selain hal itu, teknik pengeriman di jalanan yang menurun juga bisa menjadi pemicunya. Masih tentang rem blong, sebetulnya ada banyak cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut. Di mana bila terjadi insiden tersebut, sebuah kecelakaan dapat diringkan resikonya. Maksudnya, dengan mampu mengantisipasi rem blong kalian bisa sedikit terhidar dari hal buruk di jalanan. Seperti apakah cara mengatasi hal itu? Mari simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya. 

Berpikir tenang dalam menghadapi rem blong

Sebagai sebuah insiden rem blong bisa dikatakan merupakan hal yang kerap datang tiba-tiba. Hal ini lantaran, salah satu pemicunya adalah penggunaan komponen motor tersebut secara berlebihan. Seperti yang kita ketahui, bila kinerjanya berlebihan akan mengakibatkan rem panas. Alhasil, berdampak pada seal yang berada di dalam kaliper akan memuai dan membuat pistonnya menjadi macet, lalu dipastikan rem tiba-tiba tidak berfungsi.

Nah, berkaca dari kondisi tersebut, berpikir tenang saat insiden tersebut terjadi pada kalian akan menjadi sebuah baik untuk dilakukan. Pasalnya, bila panik akan membuat resiko yang ditimbulkan akan lebih besar lagi. Apalagi kondisi tersebut datangnya secara tiba-tiba, pastinya tanpa berpikir jernih kalian sulit melukan penyelamatan.

Beri tanda kepada pengendara lain saat insiden

Hal kedua yang bisa dilakukan, ketika pengendara berada dalam kondisi tersebut adalah dengan memberitahu orang kalau rem motor kita blong. Meski kelihatannya sepele, namun cara tersebut memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menghidari sebuah tabrakan dengan pengendara lain. Selain itu, ketika orang tahu rem kita blong juga akan membuatnya memberikan kita jalan. 

Masih tentang hal tersebut. Dalam memberikan peringatan kalau sedang alami rem blong, baikers bisa gunakan klakson motor sembari menghidupkan lampu sen. Atau, jika kalian kebetulan membawa alat pengeras suara bisa digunakan juga. Intinya, pengedara lain tahu, jika sedang mengalami insiden ini. 

Berusaha  menjauhkan kendaraan dalam kondisi yang ramai

Tips lain yang bisa digunakan saat menghadapi rem blong adalah mencoba menghindarkan kendaraan dari keramaian. Kalau perlu cari tempat yang sepi dan luas untuk jadi tujuan saat mengalami rem blong. Sama seperti dari cara kedua tadi, tujuan melakukan ini adalah menghindarkan diri insiden yang leih parah lagi. 

Ketika melakukan cara tersebut, hal yang perlu diperhatikan adalah tenang dan terus menurun kecepatan motor. Entah itu dengan engine brake untuk motor manual, atau mengolah gas untuk kendaraan matic. Meski demikian, kalia perlu tenang serta melakukan usaha yang cukup besar untuk bisa melakukan hal tersebut. Tapi, demi keselematan tentu bukan sebuah masalah.

Menganti kampas rem apabila sudah aus

Selain dengan hal-hal tadi, rutin melihat kondisi rem juga bisa menjadi cara yang bagus lainnya untuk mengatasi problem kendaraan model ini. Pasalnya, ketika kampas atau cakram bermasalah bisa untuk segera diganti. Lebih jauh tentang hal tersebut, primannya kondisi motor juga bisa memperkecil resiko terjadinya insiden rem blong.

Namun jika tidak sempat menganti dan saat perjalanan alami rem blong, ketiga cara tadi bisa untuk dilakukan. Sembari mendinginkan kampas yang telah bekerja secara berlebihan tersebut. Biasanya air bisa digunakan sebagai media ampuh untuk proses tersebut. Cara tinggalkan siramkan kepada kampas atau cakram yang panas.

Itulah tadi cara-cara bisa dilakukan saat menghadapi insiden rem blong. Intinya sih, saat terjadi kejadian tersebut hal pertama yang harus dilakukan adalah tenang dan berpikir jernih. Sebab, tanpa melakukan itu cara dua dan tiga bisa untuk dilakukan. Besar harapan dari kita semua tidak ada yang sampai mengalami kejadian rem blong saat bekendara. Amin.

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Tips Merawat Motor

Comment

User Comment

Your comment

Load More