wanda

Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Publikasi: 26 hari 7 jam 33 menit yang lalu

Musim hujan telah tiba, namun urusan pekerjaan dan kepentingan lainnya mengharuskan anda untuk tetap beraktivitas. Mobilisasi di saat musim hujan, tentu akan sangat beresiko, terlebih jika anda berkendara sepeda motor. Ada beberapa tips aman berkendara saat hujan yang bisa anda terapkan, agar aktivitas bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala. 

Gunakan Mantel yang Mendukung

Agar tubuh atau barang bawaan anda tidak basah karena terkena air hujan saat berkendara, gunakanlah mantel. Namun, pastikan mantel yang anda gunakan benar-benar mendukung saat anda berkendara. Sebab, ada beberapa mantel yang memiliki bahan dan desain yang justru mengganggu saat berkendara. Seperti apa mantel yang baik digunakan di saat hujan?

Bahan mantel yang anda gunakan pastikan yang terbuat dari bahan yang benar-benar kedap air dan juga lentur. Beberapa mantel ada yang memiliki bahan yang tipis. Jadi air bisa mengembun dan akhirnya membasahi pakaian atau tubuh anda. Jadi pastikan bahan yang digunakan adalah bahan yang tebal.

Namun, tak hanya bahan tebal saja yang perlu anda perhatikan, tetapi juga kelenturannya. Beberapa bahan yang tebal, ternyata sulit untuk dilipat dan meninggalkan garis lekukan saat terlipat. Biasanya lekukan ini akan membuat mantel mudah robek, di saat kondisi mantel dalam keadaan kering. Jadi, bahan mantel akan sangat berpengaruh untuk kenyamanan saat berkendara dan keawetan mantel tersebut.

Cara Pengereman dan Mengatur Kecepatan

Saat hujan turun, kondisi aspal jalan raya akan menjadi licin. Hal ini akan menjadikan resiko kecelakaan semakin tinggi. Roda akan mudah selip saat melintas di aspal jalan yang licin tergenang air. Oleh karena itu, pastikan anda terus berhati-hati saat berkendara dengan cara mengatur pengereman yang baik dan juga kecepatannya.

Saat jalanan tergenang air, roda akan mudah selip karena ban tidak begitu kuat menempel ke aspal lantaran terhalang oleh air. Walhasil, kesalahan sedikit pun bisa mengakibatkan kendaraan tergelincir dan terjadi kecelakaan. Biasanya, pengereman yang buruk membuat gesekan antara roda dan aspal tidak terkontrol dengan baik, sehingga terjadi selip. Oleh karenanya, jangan melakukan pengereman mendadak. Sebaliknya, lakukan pengereman bertahap dengan tidak begitu dalam, sembari menjaga stabilitas kemudi.

Pengereman yang buruk ini biasanya karena kecepatan kendaraan yang tidak wajar. Saat melaju kencang, dan kemudian ada halangan di depan, pasti secara reflek akan terjadi pengereman mendadak. Maka dari itu, jangan berkendara dengan kecepatan tinggi saat kondisi hujan atau aspal basah. 

Dua uraian di atas merupakan tips penting agar aman berkendara saat hujan. Selain dua tips itu, anda juga harus memastikan kendaraan anda layak jalan dan mengenakan perlengkapan yang sesuai aturan, seperti helm dan pelindung tubuh.

Label : Perawatan Motor Cari Aman Wahana Makmur Sejati Yayasan Wahana Artha Tips Merawat Motor Tips Motor Honda

Comment

User Comment

Your comment

Load More