Tips Berkendara Motor Dengan Aman Di Tengah Pandemi

Publikasi: 1 bulan 12 hari 2 jam 22 menit yang lalu

Wabah virus corona yang masuk ke Indonesia sejak bulan Maret lalu, menciptakan begitu banyak ketakutan dan perubahan pada berbagai sektor. Beragam kebijakan pun dikeluarkan oleh pemerintah guna menekan angka penularan virus corona yang ada.

Salah satu kebijakan pemerintah terkait hal ini adalah dengan memberlakukan social distancing atau jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Selain itu, orang-orang juga diwajibkan untuk mengenakan masker dan senantiasa membekali diri dengan hand sanitizer. Lantas, bagaimana jika kita berkendara di jalan raya? Apa saja yang harus dibawa dan dipersiapkan guna terhindar dari paparan virus corona yang tak terlihat ini?

Pada artikel kali ini, Wahana Honda akan memberikan Anda informasi mengenai cara berkendara aman di tengah pandemi virus corona. Apa saja yang bisa Anda lakukan? Berikut beberapa di antaranya:

Tips Berkendara Motor dengan Aman di Tengah Pandemi

1. Selalu gunakan masker ke mana pun

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pemerintah telah mewajibkan seluruh warganya untuk mengenakan masker saat bepergian ke mana pun. Hal ini juga termasuk saat Anda akan mengendarai motor untuk pergi kerja, pusat perbelanjaan atau semacamnya. Bisa dibilang masker menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa saat ini.

Selain berguna untuk melindungi Anda dari paparan virus atau bakteri yang tak terlihat. Penggunaan masker juga akan membantu Anda terhindar dari polusi udara selama di jalan raya. Jadi tak ada ruginya kalau Anda terus mengenakan masker meskipun suatu hari nanti virus corona sudah hilang dari muka bumi.

2. Senantiasa bawa hand sanitizer

Selain masker, hand sanitizer menjadi salah satu objek yang harus siap sedia berada di kantong atau tas yang Anda bawa. Fungsi dari cairan yang satu ini adalah menetralisir dan membersihkan telapak tangan Anda dari virus atau bakteri setelah bersentuhan langsung dengan fasilitas umum dan sejenisnya.

Motor yang Anda kendarai pun mungkin juga disentuh oleh banyak orang. Misalnya tukang parkir atau satpam. Nah dengan hand sanitizer ini, Anda bisa terhindar dari risiko tertular virus corona ataupun penyakit yang lainnya.

3. Pastikan tubuh dalam kondisi prima

Sebelum memutuskan untuk berkendara, pastikan kondisi tubuh Anda sedang dalam kondisi sehat atau prima. Hal ini dikarenakan mereka yang sakit atau sedang tidak fit sangat rawan tertular oleh berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah virus corona.

Jadi jika dirasa anak tidak enak badan atau merasa pusing, demam dan sejenisnya. Lebih baik tahan diri di rumah dan pilih untuk tidak bepergian terlebih dahulu. 

4. Gunakan riding gear yang lengkap

Tak lupa, Anda juga harus mengenakan berbagai macam perlengkapan safety riding. Mulai dari helm, sarung tangan, jaket, sepatu dan lain sebagainya. Selain itu, kelengkapan surat seperti SIM dan STNK juga tetap harus dibawa agar terhindar dari tilangan polisi.

5. Jaga jarak dengan pengendara motor lain

Hal yang satu ini mungkin terdengar sulit untuk dilakukan. Terlebih jika jalanan macet dan berdesak-desakan. Namun jika Anda melewati jalanan yang luang dan sepi. Tak ada salahnya untuk menjaga jarak dengan pengendara lain. Bagaimana pun keselamatan Anda adalah prioritas utama. Jangan sampai Anda menjadi orang yang membawa penyakit tanpa gejala!

Nah, itulah tadi beberapa tips berkendara motor di tengah pandemi virus corona yang sedang berlangsung saat ini. Dengan menaati setiap protokol kesehatan yang ada, Anda sudah membantu pemerintah dalam menekan angka penularan. Semoga kita semua terhindar dari wabah penyakit yang satu ini, ya!

Label : Cari Aman Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Wahanahonda Covid 19 Pandemi Covid-19 Basmi Covid 19 #WahanaHonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More