Tips Lewati Jalanan Sempit Dengan Cara Berkendara Aman Dan Nyaman

Publikasi: 1 tahun 1 bulan 24 hari 18 jam 22 menit yang lalu

Sebagai pengendara motor di Indonesia, kita dihadapkan dengan beragam jenis jalanan. Dari mulai yang lebar dan mulus, sampai ke gang-gang sempit di pusat kota. Semua kondisi jalanan itu memerlukan teknik berkendara yang khusus pula, terutama saat berada di jalanan yang sempit.

Di jalanan sempit, kita harus benar-benar memerhatikan keseimbangan kendaraan dengan mengatur bukaan kopling dan gas (untuk motor kopling) atau mengatur bukaan gas saja (untuk motor matik). Kita juga bisa menggunakan gestur tubuh untuk membantu menyeimbangkan diri dengan menggunakan anggota badan seperti tangan ataupun kaki.

Dalam aspek safety riding, keahlian ini biasa disebut dengan narrow plank. Latihan narrow plank ini digunakan dengan melewati sebilah papan dan bisa selamat hingga ujung tanpa terjatuh ataupun menurunkan kaki.

Berikut adalah beberapa hal yang juga membantu Anda ketika terjebak di jalanan yang sempit.

1. Tetap Berkendara di Jalur Kiri

Secara etika berkendara, di jalanan yang sempit Anda seharusnya berada di sisi kiri jalan untuk memberikan separuh jalanan kepada kendaraan yang berpapasan lainnya. Cara ini juga bisa membuat pengendara tetap aman saat menghadapi tikungan.

2. Menggunakan Klakson Sebagai Peringatan

Klakson sangat berguna pada situasi saat Anda berada di jalanan yang sempit. Anda akan berada dalam posisi blind spot, atau sulit untuk melihat kendaraan lain yang muncul terutama di belokan. Maka klakson sangat diperlukan untuk memberikan peringatan bagi kendaraan lain di jalanan tersebut.

3. Jaga Jarak Aman

Sangat disarankan bagi pengendara untuk tetap menjaga jarak dengan kendaraan lain di depannya terlebih ketika jalur yang dihadapi juga menanjak, menurun, dan atau berkelok-kelok. Patut diperhatikan bahwasanya ruang pengereman pun jadi lebih panjang sehingga harus diperhitungkan.

4. Jangan Melewatinya di Malam Hari

Untuk pagi atau siang hari saja, melewati jalanan sempit sudah susah, apalagi jika Anda melewati jalanan tersebut di malam hari. Karena di malam hari, jarak pandang jadi sangat terbatas dan belum tentu kita mengenali baik medannya. Sebaiknya hindari saja di malam hari.

5. Jaga Rem Tetap Dingin

Saat melewati jalanan sempit, terlebih yang memiliki banyak kelokan dan tanjakan, selalu jaga sistem rem tetap dingin dengan sesekali berhenti sejenak atau lebih cerdas dalam menggunakan rem. Karena pada beberapa kasus yang terjadi, kampas rem bisa panas hingga pengereman terganggu dan rem jadi blong.

Begitulah kira-kira tips safety riding bagi Anda untuk mengendarai sepeda motor di jalan-jalan yang sempit. Mungkin Anda bisa terapkan agar lebih aman dan nyaman dalam melewati jalanan tersebut.

Label : Wahana Makmur Sejati Safety Riding Yayasan Wahana Artha Tips Motor Honda Berkendara Aman Wahanahonda

Comment

User Comment

Your comment

Load More